News

button-twitter.png button-facebook.png
user.png

Oleh: Humas USAKTI

Kamis, 31 Januari 2019 09:09

Dilihat: 258 kali

Seminar & Sosialisasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian SMK Berbasis DU/DI


Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti dan PT BONET menyelenggarakan Seminar & Sosialisasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian SMK Berbasis DU/DI pada 30-31 Januari 2019 bertempat di Auditorium, gedung Hery Hartanto lantai 8, kampus A Universitas Trisakti.

Seminar dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Indra Surjati, MT, IPM selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri, dihadiri oleh Direktur Pembinaan SMK  Kemendikbud RI, yang diwakili oleh Bapak Taufiq Damarjati, MT Kasubdit Kurikulum, yang juga bertindak  sebagai Keynote Speaker.

Seminar menghadirkan 3 pembicara yaitu Ahmad Zuhdi, SSi, M.Kom selaku Wakil Dekan IV FTI, Ir. Michael S. Sunggiardi, dan Ramadin Tarigan, ST. Koordinator Forum Kepala Sekolah SMK Bogor dan Depok.

Acara diikuti oleh kurang lebih 150 peserta, terdiri atas kepala sekolah dan guru  SMK Jabodetabek dan terdapat perwakilan dari beberapa SMK Cirebon dan Bandung.

Selain itu dihadiri pula oleh beberapa pelaku industri dan dunia usaha yang siap bekerjasama dengan SMK, sebagai pengguna lulusan.

Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan Uji Kompetensi Keahlian Siswa/i SMK Berbasis DU/DI agar pengelola pendidikan kejuruan dibidang  TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dapat mengenal dunia industri dan dunia usaha, terutama  berbasis TIK.

Peserta diharapkan dapat memetik manfaat dari pertemuan hari ini, sebagai masukan untuk peningkatan dan perbaikan kinerja pembelajaran dan persiapan uji kompetensi keahlian bagi siswa-siswi.

Dalam kegiatan ini juga dibentuk relawan TIK komisariat FTI Usakti, yang dikukuhkan oleh Ketua Relawan TIK Nasional  dan disaksikan oleh Bapak Bambang Tri Santoso, Kasubdit Pemberdayaan Komunitas TIK Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Komunitas Relawan ini bertugas untuk  meningkatkan literasi masyarakat tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Kegiatan Seminar dan Sosialisasi ini dilanjutkan dengan penyelenggaraan workshop Peningkatan Kapasitas bagi Calon Asesor dan Asesor Eksternal dari Dunia Usaha dan Dunia Industri, diharapkan peserta yang berjumlah 110 orang ini dapat memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap, tentang tugas dan kewajiban yang dituntut oleh seorang asesor uji kompetensi keahlian bidang TIK, untuk spesialisasi masing-masing (yaitu Teknik Komputer & Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia).

Semoga dengan adanya seminar ini, dapat meningkatkan mutu dan kualitas kompetensi keahlian Siswa/i SMK guna menghadapi persaingan di dunia kerja, serta meningkatkan kualitas SDM Siswa/i SMK setelah lulus nanti untuk menghadapi dunia usaha dan dunia industri yang tantangannya semakin besar.


Tentang Humas

Hubungan Masyarakat dibentuk berdasarkan SKR No. 088/Usakti/SKR/VII/90 bulan Agustus 1990 dengan nama Unit Penunjang Hubungan Masyarakat Universitas Trisakti (UP. Humas Usakti), bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan Universitas Trisakti merupakan pelopor pembentukan unit Humas di Perguruan Tinggi. Dalam perjalananannya berdasarkan SKR No. 067.a/USAKTI/SKR.VI/1994 tanggal 30 Juni 1990, UP Humas diperkecil hanya setingkat bagian dan berada di salah satu bagian Sekretariat Rektorat (Sekret). Humas Usakti kembali berdiri sendiri berdasarkan SKR No 003/USAKTI/SKR/I/99 tanggal 4 Januari 1999, menjadi Unit Pelaksana Teknis Hubungan Masyarakat (UPT. Humas Usakti),

Hubungi Kami



Website: www.trisakti.ac.id