News

button-twitter.png button-facebook.png
user.png

Oleh: Humas USAKTI

Minggu, 28 Juni 2020 12:12

Dilihat: 32 kali

Webinar Geosakti: Sarasehan Nusantara 2

Webinar Geosakti: Sarasehan Nusantara 2


Berita dari FTKE

*Webinar Geosakti: Sarasehan Nusantara #2*

Webinar ini diselenggarakan pada 27 Juni 2020 oleh Prodi. Teknik Geologi FTKE Universitas Trisakti bekerjasama dengan IKA Geosakti. Partisipan yang hadir sebanyak 175 peserta dari berbagai profesi yaitu Dosen, Guru, PNS (Kementira PUPR, ESDM, LIPI, dsb.), BUMN (WiKa, PLN, dsb), Swasta dan Mahasiswa di seluruh Indonesia.

Pada #sarasehannusantara yang ke dua, membahas tentang : "PARADIGMA PERLINDUNGAN PANTAI JAKARTA DALAM PRESPEKTIF GEOLOGI Efektifitas Giant Seawall Untuk Pengendalian Banjir DKI jakarta"

Narasumber Dr. Pulung Arya Prananta, S.T., M.T. Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Kementrian PUPR dan

Moderator Yudhiro C. Utama, S.T., P.T. PLN (Persero) Pusat Enjiniring Ketenegalistrikan.

Bencana banjir, Penurunan tanah, daerah pantai yang ter abarasi merupakan beberapa bencana geologi yang terjadi di DKI Jakarta. Adanya perubahan fungsi tata guna lahan dan juga perkembangan penduduk disinyalir menjadi penyebab bencana-bencana tersebut terjadi. Penanggulangan bencana-bencana tersebut di DKI Jakarta sudah menjadi hal yang sangat di utamakan oleh pemerintah DKI Jakarta maupun oleh pemerintah pusat. Di lihat dari bencana banjir yang semakin tahun semakin parah, baik dari wilayah terdampak maupun dari kerugian yang dialami oleh masyarakat ibukota Jakarta.

Upaya-upaya adaptiv untuk menanggulangi atau mengurangi dari dampak banjir tersebut, pemerintah daerah DKI Jakarta dan juga Pemerintah pusat menggunakan pembangunan Giant SeaWall. Giant Seawall ini merupakan rencana pembangunan sejak tahun 1995. Dilihat dari kondisi geologi Jakarta yang tersusun oleh endapan Kuarter yang sangat rentan terhadap penurunan tanah yang di sebabkan oleh adanya proses konsolidasi dari endapan Kuarter tersebut. Sehingga Giant Seawall dianggap dapat menanggulangi bencana-bencana yang terjadi di Ibukota Jakarta.

Tantangan pemerintah untuk pembuatan Giant Seawall mempunyai banyak kendala baik dari aspek-aspek politik, sosial, ekonomi, ekosistem dll. Kendala-kendala tersebut harus di hadapi secara menyeluruh sehingga pembangunan Giant Seawall dapat berjalan secara baik dan benar. Dan juga dukungan dan kerja sama dari semua elemen masyarakat untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan webinar Geosakti: Sarasesah Nusantara ini kita semua dapat saling berbagi ilmu dan terus memperbarui pengetahuan kita semua terutama dalam aspek geologi dalam kehidupan bermasyarakat. Aamiin YRA.

Sumber : Surya Darma Hafiz, S.T., M.T. (Panitia Webinar)


Tentang Humas

Hubungan Masyarakat dibentuk berdasarkan SKR No. 088/Usakti/SKR/VII/90 bulan Agustus 1990 dengan nama Unit Penunjang Hubungan Masyarakat Universitas Trisakti (UP. Humas Usakti), bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan Universitas Trisakti merupakan pelopor pembentukan unit Humas di Perguruan Tinggi. Dalam perjalananannya berdasarkan SKR No. 067.a/USAKTI/SKR.VI/1994 tanggal 30 Juni 1990, UP Humas diperkecil hanya setingkat bagian dan berada di salah satu bagian Sekretariat Rektorat (Sekret). Humas Usakti kembali berdiri sendiri berdasarkan SKR No 003/USAKTI/SKR/I/99 tanggal 4 Januari 1999, menjadi Unit Pelaksana Teknis Hubungan Masyarakat (UPT. Humas Usakti),

Hubungi Kami



Website: www.trisakti.ac.id