News

button-twitter.png button-facebook.png
user.png

Oleh: Humas USAKTI

Rabu, 17 Juni 2020 11:11

Dilihat: 67 kali

Webinar Prodi Teknik Pertambangan Usakti dengan PT Freeport


BERITA DARI FTKE

Webinar Prodi Teknik Pertambangan Usakti dengan PT Freeport.

Pada tanggal 13 Juni 2020, Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti. mengadakan Webinar : "Pengelolaan Lereng Tambang Terbuka Grasberg", dengan PT Freeport Indonesia menggunakan aplikasi Zoom.

Pembicara : Dr. Eman Widijanto, MASc., IPU. (Manager Surface Mine GeoEngineering, Grasberg Surface Mine, PT. Freeport Indonesia)

Moderator : Edy Jamal Tuheteru, ST., MT. (Dosen Prodi Teknik Pertambangan, FTKE Universitas Trisakti)

Peserta terdaftar 300 orang,

hadir 174 orang dari berbagai institusi di Indonesia.

Materi : Lereng merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam kegiatan penambangan terutama pada sistem tambang terbuka. Kegiatan operasional penambangan seringkali memberikan dampak terhadap kestabilan lereng. Kegiatan operasional ini meliputi penggalian, peledakan, pengangkutan serta kegiatan lain yang bersifat bantuan. Dengan diameter hampir 4 km dan kedalaman melebihi 1 km, Grasberg Open Pit merupakan salah satu bukaan tambang yang terbesar di Indonesia. Kondisi ini memberikan tantangan besar bagi para engineer agar pekerjaan penambangan dapat dilaksanakan dengan efisien dan memberikan tingkat keamanan maksimal.

Pada webinar ini Narasumber menjelaskan mengenai faktor- faktor yang sangat berperan dalam kestabilan lereng serta langkah-langkah PT Freeport Indonesia dalam memastikan keamanan para pekerjanya. Selain itu, terobosan dan pencapaian PT Freeport Indonesia dalam penanganan kestabilan serta pengoptimasian lereng juga disampaikan. Terobosan ini berupa penggunaan teknologi terkini dalam penguatan kestabilan lereng , kontrol pada kegiatan peledakan dan operasi penambangan, serta pemantuan menggunakan laser scan untuk memastikan keamanan para pekerja tambang. PT Freeport Indonesia juga berhasil menegakkan lereng tambang hingga 61 derajat tanpa mengorbankan sisi safety penambangan. Pencapaian ini merupakan salah satu rekor internasional dalam operasi tambang terbuka.

Semoga Webinar ini bermanfaat untuk seluruh peserta. Aamiin YRA.

Sumber: Danu Putra, S.T., M.T. (Panitia Webinar)


Tentang Humas

Hubungan Masyarakat dibentuk berdasarkan SKR No. 088/Usakti/SKR/VII/90 bulan Agustus 1990 dengan nama Unit Penunjang Hubungan Masyarakat Universitas Trisakti (UP. Humas Usakti), bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan Universitas Trisakti merupakan pelopor pembentukan unit Humas di Perguruan Tinggi. Dalam perjalananannya berdasarkan SKR No. 067.a/USAKTI/SKR.VI/1994 tanggal 30 Juni 1990, UP Humas diperkecil hanya setingkat bagian dan berada di salah satu bagian Sekretariat Rektorat (Sekret). Humas Usakti kembali berdiri sendiri berdasarkan SKR No 003/USAKTI/SKR/I/99 tanggal 4 Januari 1999, menjadi Unit Pelaksana Teknis Hubungan Masyarakat (UPT. Humas Usakti),

Hubungi Kami



Website: www.trisakti.ac.id