Berita

Berita Thumbnail
Wednesday, 25 August 2021
Oleh: Admin

Seminar Nasional Kota Berkelanjutan (SNKB) Ke-2 2021: Ide dan Implementasi Kota Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan

Berita dari FALTL Usakti :

Seminar Nasional Kota Berkelanjutan (SNKB) Ke-2 2021: Ide dan Implementasi Kota Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan

Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan Universitas Trisakti menyelenggarakan Seminar Nasional Kota Berkelanjutan (SNKB) Ke-2 2021 dengan Tema “Ide dan Implementasi Kota Berkelanjutan dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan” pada Hari Kamis, 5 Agustus 2021 yang dilaksanakan menggunakan metode virtual/daring.

Acara seminar ini diawali dengan laporan pelaksanaan oleh Ketua Panitia Ir. Nur Intan Mangunsong, MT., dan dibuka dengan Sambutan Rektor Universitas Trisakti, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., dan dilanjutkan dengan paparan dari para narasumber:

1. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. yang diwakilkan kepada Direktur Pengendalian Pencemaran Udara, Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bapak Drs. Dasrul Chaniago, MM, ME, MH.

2. Bpk. Rahman Andra Wijaya, ST, MT, IALI, GP, Tim Kolaborasi Rancang Kota, Ibu Kota Negara Baru – Kementerian PUPR, Direkur Urban+

3. Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.Es, PhD, Guru Besar Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

4. Prof. Raldi Hendro Koestoer, MSc. PhD, Guru Besar Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia

Acara dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi sejumlah 60 artikel dari pemakalah dari berbagai instansi dan perguruan tinggi yang terbagi dalam 4 kelas, dengan sub tema: Perencanaan dan Perancangan Berkelanjutan; Teknologi Rekayasa Berkelanjutan; Ruang Layak Huni; Mitigasi Bencana Bangunan dan Lingkungan.

Beberapa institusi menjadi rekan (co-host) Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan Universitas Trisakti dalam pelaksanaan.

Seminar Nasional ini yaitu Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Forum Pendidikan Arsitektur Lanskap Indonesia (FPALI) dan Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI):Universitas Udayana, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Universitas Pancabudi, Universitas Tribuwanatunggadewi, Universitas Insan Cendekia Mandiri, Intitut Teknologi Sumatera dan Universitas President, Asosiasi Profesi Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) dan Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Lingkungan Indonesia (IATPI). Artikel-artikel dari seminar nasional ini akan diterbitkan di Jurnal Arsitektur Lanskap (Universitas Udayana), Journal of Environmental Engineering and Waste Management (Universitas President), International Journal on Livable Space, Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, Jurnal Bhuwana, Journal of Synergy Landscape, Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti.

Seminar ditutup oleh Dekan Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan Universitas Trisakti Dr. Melati Ferianita Fachrul, MS sekaligus pemberian penghargaan kepada pemakalah dan presenter terbaik pada setiap kelas, dan diakhir dengan sesi foto bersama.

Semoga seminar ini dapat menghasilkan pemikiran dari kolaborasi antara akademisi, peneliti, industri, dan pemerintah dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi mitigasi dan adaptasi terhadap perkotaan dan lingkungan, serta keberlanjutan global untuk kehidupan yang lebih baik.

Sumber Berita : Humas FALTL Usakti